Rencana Aksi Gerakan Bill Moyer/ Bill Moyer's Movement Action Plan (MAP)

kembali ke daftar isi

Rencana aksi gerakan membekali para aktivis dengan kemampuan prak­tik, bagaimana melakukannya, alat analisis untuk mengevaluasi dan mengorganisir gerakan-gerakan sosial yang fokus pada isu-isu nasional atau internasional, seperti energi dan senjata nuklir, non intervensi di Amerika Tengah, hak-hak sipil dan hak-hak asasi manusia, aids, demokrasi dan ke­bebasan, apartheid, dan pertanggungjawaban ekologi.

Rencana aksi gerakan (MAP) menjelaskan delapan langkah, di mana setiap langkah MAP menjelaskan peran publik, para pemegang kekuasaan dan gerak­an. Hal ini membekali para pengorganisir dengan sebuah peta periode panjang gerakan-gerakan yang sukses yang membantu mereka mengarahkan gerakan mereka sepanjang jalan.

Kebanyakan gerakan-gerakan sosial tidak hanya dalam satu langkah. Gerakan-gerakan sosial biasanya memiliki banyak tuntutan untuk perubahan-perubahan kebijakan, dan upaya-upaya mereka untuk setiap tuntutan adalah dalam satu langkah khusus.

Untuk setiap tuntutan atau tujuan utama dari gerakan, MAP me­mungkin­kan para aktivis untuk mengevaluasi gerakan dan mengidentifikasi di langkah manakah MAP berada, mengidentifikasi kesuksesan-kesuksesan yang telah dicapai, mengembangkan strategi-strategi, taktik dan program yang efektif, mem­bangun tujuan-tujuan jangka pendek dan panjang, dan menghindari lubang perangkap yang biasa terjadi.

Gerakan-gerakan sosial tidaklah secara tepat cocok dalam delapan langkah yang digunakan dalam MAP atau bergerak dalam jalan yang linear. Gerakan-gerakan sosial lebih dinamis. Gerakan-gerakan memiliki sejumlah tuntutan yang berbeda, di mana setiap upaya untuk setiap tuntutan adalah dalam sebuah langkah MAP yang berbeda. Ketika gerakan-gerakan mencapai satu tuntutan, mereka akan fokus pada pencapaian pada tuntutan lain yang berada dalam langkah yang lebih awal.

Akhirnya, MAP hanyalah merupakan sebuah model teoritik yang dibangun dari pengalaman masa lalu. Gerakan-gerakan sosial dalam kehidupan riil tidak akan secara tepat cocok atau bergerak secara linear, halus, atau tepatnya di luar cara yang digariskan.

Tujuan MAP adalah untuk memberikan para aktivis harapan, pem­ber­dayaan, pengembangan efektifitas gerakan-gerakan sosial dan mengurangi pengendapan yang seringkali menyebabkan peredupan individu dan ber­henti­nya gerakan-gerakan sosial.

http://historyisaweapon.com/defco1/moyermap.html ■ Charts: http://www.nonviolence.org.au/downloads/moyer_charts.pdf